Jatimakmur News

"ING NGARSA SUNG TULADHA ING MADYA MANGUN KARSA TUT WURI HANDAYANI 'Ki Hajar Dewantara'"

Senin, 07 September 2015

PROFIL DESA

Desa Jatimakmur, kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, provinsi Jawa Tengah merupakan satu  dari 10 desa di kecamatan Songgom.yang mempunyai jarak 23 km dari kota kabupaten. Secara geografis Desa Jatimakmur sendiri terletak di perbatasan dengan:

Sebelah Utara                                     : Desa Jatirokeh
Sebelah Timur                                                : Desa Kabupaten Tegal.
Sebelah Selatan                                  : Desa Songgom Lor
Cébela Barat                                       : Desa  Gegerkunci


Desa Jatimakmur terdiri dari 3 .dusun 5 RW dan 27 RT dengan luas 494 Ha, dengan potensi perangkatnya terdiri dari Seorang Kepala Desa (Kades), satu orang Sekretaris Desa (Sekdes), lima orang kaur dan dua Kepala Dusun (Kadus) mempunyai jumlah penduduk 7.725 orang yang terdiri dari 3850 orang laki-laki dan 3875 orang perempuan, dan dengan jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM) berjumlah 544 RTM.

Berkaitan dengan proses fasilitasi pembuatan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Jatimakmur merupakan kebutuhan yang mendesak terutama proses pengambilan keputusan yang dilakukan secara partisipatit dan demokratis. Sehingga dokumen RPJM-Desa tersebut mendapat dukungan dan legalitas dari semua unsur masyarakat. 

1.  Kondisi Desa
Letak topografis tanahnya datar, dengan lahan sebagian besar dimanfaatkan oleh masyarakat untuk lahan pertanian, perkebunan dan perikanan sehingga sebagian besar masyarakat desa adalah petani dan petani penggarap.

1.1. Sejarah Desa

Asal muasal Desa Jatimakmur adalah bagian atau pendduk yang termasuk wilayah Desa Jatirokeh,karena pada tahun 1996 ada program Pemerintah sehingga Desa Jatirokeh dimekar menjadi dua Desa yaitu,Desa Jatirokeh dan Desa Jatimakmur.Desa Jatirokeh terdiri dari penduduk Jatirokeh dan Dukuh Payung.Sedangkan Desa Jatimakmur terdiri dari Penduduk Kemakmuran,Penduduk Kalenpandan dan Penduduk Geblug.Nama Desa Jatimakmur di ambil dari nama Desa Jatirokeh dan Dukuh Kemakmuran yaitu JATI diambil dari nama Desa Jatirokeh dan MAKMUR di ambil dari nama Dukuh Kemakmuran.Pada Tahun 1989 Desa persiapan Jatimakmur mulai pemilihan Kepala Desa,terpilih yaitu Bapak H.Soidi mengalami dua periode kepemimpinan pada tahun 2013 pemilihan kembali Kepala Desa Jatimakmur terpilih yaitu Bapak Zaenal Arifin.periode Tahun 2013-2019.     

1.2. Demografi

Desa Jatimakmur Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah merupakan Daerah dataran.

1.3. Keadaan Sosial

Peta Sosial dibuat oleh masyarakat karena masyarakatlah yang banyak mengetahui kondisi dimasing-masing daerahnya. Sehingga dalam peta sekaligus disepakati tanda-tanda agenda untuk peta sosial, misalnya tentang tanda/ simbol batas dusun atau desa, tanda jalan, perumahan, pertanian, ladang, tempat industri, kelompok-kelom pengrajin, letak potensi desa dan lain sebagainya. Masyarakat perlu menyepakati bila rumah masyarakat Sangat Miskin diberi simbol misal ½ lingkaran bawah diberi garis dua, Miskin diberi simbol ½ lingkaran bawah diberi garis satu, Hampir Miskin diberi simbol ½ lingkaran, Masyarakat Menengah diberi simbol segitiga, dan untuk Masyarakat Kaya diberi simbol bintang. Peta sosial ini memudahkan setiap orang/masyarakat sebagai media untuk melihat kondisi dan menganalisis kebutuhan dari masing-masing dusun/ kelompok masyarakat.

1.4. Keadaan Ekonomi

            Pada umumnya Desa Jatimakmur Kecamatan songgom Kabupaten Brebes Penduduk bermata pencaharian sebagai petani sawah,buruh tani dan sebagian kecil bekerja sebagai TKI di Luar Negeri,untuk menunjang ekonomi keluarga,sehingga Istri dan kaum perempuan berani pergi mencari nafkah membantu suami untuk menunjang kebutuhan keluarga sesekali memajukan tingkat ekonomi Desa Jatimakmur Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes provinsi Jawa Tengah tercinta.           


2.  Kondisi Pemerintahan Desa
                        Pemerintah Desa Jatimakmur Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah,selalu kondusif dan terkendali,pada dasarnya Pemerintahan Desa terdiri dari Kepala Desa,Sekretaris dan Perangkat Desa lainya,Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan juga Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).Hubungan Pemerintahan Desa,BPD dan LPM berjalan harmonis dan saling kerjasama untuk memajukan Desa Jatimakmur.   


2.1.  Pembagian wilayah desa
Desa Jatimakmur Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah terdiri dari Tiga ( 3 ) Pedukuhan yaitu Dukuh Kemakmuran,Dukuh Kalenpandan dan Dukuh Geblug.lima ( 5 ) Rukun Warga ( RW ) dan Duapuluh Tujuh ( 27 ) Rukun Tetengga ( RT ) yang terhitung dalam wilayah Desa Jatimakmur,dipimpin dua ( 2 ) KADUS,Kadus I membawahi Dukuh Kemakmuran dan Geblug, Kadus II membawahi Dukuh Kalenpandan.
              







2.2.2.  Struktur Organisasi Pemerintah Desa

Bagan kelembagaan adalah suatu gambaran keadaaan peranan/manfaat lembaga-lembaga di desa bagi masyarakat.  Sebagai alat untuk menggali masalah-masalah yang berhubungan dengan peranan/manfaat lembaga-lembaga di desa bagi masyarakat dan potensi yang tersedia untuk mengatasi masalah. Hasil kajian kalender musim adalah masyarakat dapat merumuskan masalah dan potensi yang dimiliki desa 

Trima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar